Real Sociedad Ujian Pertama Tito Vilanova


BARCA BOLA: Majulah Tito Vilanova. Sekarang Andalah manajer Barcelona, bukan lagi Pep Guardiola. Real Sociedad sudah ada di depan mata sebagai tantangan pertama Anda.

April 2012, Guardiola akhirnya menyatakan mundur setelah musim-musim yang bergelimang gelar. Beberapa jam sebelum pengunduran diri itu resmi diumumkan, beredar spekulasi siapa yang akan menjadi penggantinya. Marcelo Bielsa menjadi salah satu yang disebut-sebut. Namun, Barca akhirnya memilih Vilanova, yang ketika itu adalah tangan kanan Guardiola.

Pemilihan Vilanova disebut sebagai pemberian tongkat estafet bernama tradisi. Seperti yang dikatakan Guardiola pada hari pengunduran dirinya, Los Culesselalu melihat ke dalam tim mereka dulu sebelum melihat apa yang ada di luar.

Melanjutkan masa emas Barca di bawah arahan Guardiola adalah tantangan yang harus ditanggung Vilanova. "Sampai saat ini, dia adalah seorang pelatih yang low-profile dan semua tanggung jawab dibebankan kepada Guardiola. Sekarang, dia harus menerima tugas utama tersebut," ucap Javier Mascherano.

Ujian pertama datang dari Sociedad, lawan pertama yang akan mereka hadapi di Camp Nou, Minggu (19/8/2012) waktu setempat. Musim lalu, Sociedad bisa menahan imbang Barca 2-2 di Anoeta. Namun, Barca sukses meraih kemenangan 2-1 kala berlaga di Camp Nou.

Di atas lapangan, tak terlihat ada perubahan besar dilakukan pada pola permainan dan pemilihan strategi. Lima pertandingan pra-musim yang sudah dijalani menunjukkan hal tersebut. Barcelona masih dengan ciri khasnya, sepakbola menyerang melalui umpan pendek dan selalu berupaya mendominasi ball posssession. Hasilnya tak mengecewakan karena semua berakhir dengan kemenangan, meski dua di antaranya melalui adu penalti.

Satu hal yang membuat Vilanova antusias menyambut musim baru adalah kembalinya David Villa. Bomber berjuluk El Guaje itu absen sejak Desember 2011 setelah mengalami patah tulang di ajang Piala Dunia Antarklub. 

"Tahun lalu, kami kehilangan dia karena dia adalah pemain yang menjamin datangnya gol-gol," ucap Vilanova di Soccernet. Selain itu, pria bernama lengkap Francesc Vilanova i Bayo tersebut melihat bahwa timnya kian solid. Dua pekan jelang start La Liga, persiapan terus digeber. Hasilnya, ia mengklaim Lionel Messi dkk. berada dalam level yang bagus.

"Tim kami bermain dalam level bagus jelang liga dimulai. Kami punya pemain-pemain yang sudah berlatih dalam dua pekan penuh," tukasnya. Maka, jadilah kini Sociedad pertaruhan pertama Vilanova; pembuktian atas ucapan mengenai segala latihan keras itu.


Sumber: Rossi Finza Noor - detikSport



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment